Panca wali krama

SEKILAS TENTANG

TAUR  PANCA  WALI  KRAMA

DI  PURA  AGUNG  BESAKIH

(Disampaikan pada Pembekalan Pinandita  DKI, tgl. 21-2-2009 di Jakarta)

 

 

  1. PENDAHULUAN

Pura Agung Besakih sebagai pura terbesar di Bali dan di Indonesia,  merupakan pusat pemujaan umat Hindu . Sebagai pura besar pura Agung Besakih memiliki tatanan  upacara-upacaranya yang tersendiri, berbeda dengan pura lain pada umumnya. Sangat banyak jenis upacara yang dilaksanakan di Pura Agung Besakih dari -yang tingkatannya kecil yang bersifat rutin setiap enam bulan atau setahun, sampai yang sangat besar yang dilaksanakan dalam periode 10, 100 bahkan 1000 tahun sekali..

Sejak tahun 1963, hingga saat ini banyak upacara-upacara besar yang telah terlaksana diantaranya :

Read more 06/03/2009

Lowongan Kerja

Bagi rekan-rekan yang memepunyai  latar belakang seperti didawah ini, ini ada Lowongan Pekerjaan.

Kepada PT SECUPINDO SBU/RKT

ALAMAT: GRAHA SECUPINDO LT 4

JL RAYA PASAR MINGGU

kETEMU BP RIJA AMPERIYAN

NO TLP 081820544

PERSYARATAN:

TAMATAN DIPLOMA 3 TEKNIK MESIN

INFORMASI DARI BP MESINARYO

SIAPA CEPAT DIA DAPAT

Read more 17/02/2009

Wujud Tuhan Yang Maha Esa adalah awyakta

Maya tatam idam sarwam jagad awyaktamurtina. Matsthani sarwabhutani na ca ham tesawawasthitah, masudnya adalah alam semesta ini diliputi oleh Aku dengan wujud Aku yang tidak nyata, semua makhluk ada pada-Ku tetapi Aku tidak berada pada mereka. Bagaimana makna dan kutipan tersebut, berikut ini akan diuraikan secara sekilas, guna memperoleh pemahaman yang lebih mudah dan komprehensif. Harapannya bahwa umat Hindu akan dapat lebih mening katkan kepercayaannya terhadap Tuhan Yang Máha Esa yang melingkupi seisi alam semesta di jagad raya ini.

Read more 04/02/2009

Arti dan Kedudukan Hidup Berkeluarga

Demikian pula terhadap si istri, seorang ayah hendaknya menjaga keserasian rumah tangganya. Hal ini, di dalam kitab Manawa Dharmasastra disebutkan bahwa untuk mencapai kebahagiaan maka wanita harus dihormati dan para dewa suci akan merestui grahasta ini. Sebaliknya jika wanita itu dicaci dan tidak dihormati maka upacara apapun tak akan berarti. Dan grahasta itu akan menderita dan lenyap seperti ditiup kekuatan gaib. Lebih lanjut metode yang dipakai dalam pendidikan dan pembinaan anak dalam grahasta penerapannya lebih bersifat samskara, yang termasuk manusa yadnya. Tidak sedikit para suami bahkan para istri yang kebetulan menjadi pimpinan, manager, direktur dan sebagainya mendapatkan inspirasi di dalam grahastanya, baik yang berhubungan dengan lapangan pekerjaannya maupun masalah lainnya yang sedikit banyak berkaitan dengan profesinya. Bahkan sekaligus grahasta menjadi sumber energi yang memberikan dorongan baik kepada orang tua maupun anak-anaknya untuk memajukan usaha dan tugasnya sehingga semua tugas dan kewajibannya bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Hal itu bisa terpenuhi kalau keadaan dan suasana grahasta itu memenuhi persyaratan yang memungkinkan terlaksananya segala ide dan gagasan yang mengutamakan cinta dan kasih sayang sebagai dasar komunikasi.

Read more 22/01/2009

108 Mutiara Weda 1

1. PENGERTIAN GAYATRI MANTRA

 

Stuta maya varada vedamata pracodayantam pavamani dvijnam, Ayuh pranam prajam pasum kirtim dravinam brahmavarcasam,mahyam dattva vrajata brahmalokam.

(Atharvaveda: 19.71.1)

 

'Giyatri- Mantra yang diakhiri dengan kata pracodayat adalah ibunya empat Veda (Rgveda, Yajurveda, Simaveda, dan Atharvaveda) dan yang menyucikan semua dosa para dvija. Oleh karena itu saya selalu mengucapkan dan memuja mantra tersebut. Gayatri Mantra ini pemberi panjang umur, prana dan keturunan yang baik, pelindung binatang, pemberi kemasyhuran, pemberi kekayaan, dan pemberi cahaya yang sempurna. Oh Tuhan berikanlah jalan moksa padaku'.

 

Read more 22/01/2009

Dirawat Penuh Rasa Cinta

Karenanya, mencitai boleh jadi merupakan jawaban paling agung untuk setiap perburuan ke makna hidup. Tidak juga bagi manusia saja, tapi bagi semesta hidup ini

Ni Luh Ketut Mimbasari, Mimba begitu kerap ia disapa. Lahir dari pasangan suami-istri miskin, I Negah Dolat dan Ni Nyoman Ranji, di daerah kering berbukit Kabupaten Karangasem. Ia anak kedelapan dari sebelas bersaudara. Enam saudaranya meninggal saat masih bayi merah. Di antara lima saudara yang hidup, empat kini mengalami cacat fisik dan psikis. Ada yang menghidap rabun ayam, idiot, bisu, dan kaki bengkok. Sebagai orang miskin, orangtua Mimba tentu tak pernah berpikir soal gizi, kesehatan, kebersihan, alih-alih soal pendidikan. Rasa sakit, lapar, pertengkaran merupakan "menu" harian keluarga ini.

Read more 22/01/2009

Siwalatri tanggal 24 Januari 2009

Hari Siwaratri yang jatuh pada Purwaning Tilem Kapitu, Sabtu 24/1/2009 mendatang, merupakan momen yang sangat tepat untuk merenung dan mengendalikan diri. Pada hari suci penuh pengampunan itu, umat Hindu diajak untuk bisa mengekang hawa nafsu dan keinginan yang bersifat duniawi. Nilai-nilai apa yang bisa dipetik dari malam Siwaratri dalam konteks kekinian? Kemudian, apakah figur si pemburu Lubdaka yang diceritakan pada malam Siwaratri masih relevan dengan kehidupan sekarang

Warga Tempek rempoa akan melaksanakan Hari Siwaratri di Pura mertasari rempoa dengan kegiatan sebagai berikut:

1. Tanggal 24 Jan 2009 jam 05.00 melaksanakan persembahyangan bersama diharapkan seluruh Umat Hindu tempek rempoa dapat hadir pada persembahyangan tersebut.

2.Setelah selesai melaksanakan persembahyangan  dilanjutkan dengan melaksanakan upawasa, mona brata dan jagra serta melaksanakan meditasi ( ini dalaksanakan sendiri-sendiri).

3. Tanggal 24 Jan 2009 jam 18.00. dilaksanakan persembahyangan bersama dan selesai persembahyangan membuka puasa mona brata, sedangkan upawasa dan jagra tetap dilaksanakan sampai tanggal 25 jan 2009 jam 06.00.

4. Tanggal 24 Jan 2009 Jam 20.00 dilaksanakan Dharma Tula dan diskusi agama Hindu. Upawasa dan jagra tetap dilaksanakan serta dilaksanakan meditasi sendiri-sendiri.

 5. Tanggal 25 Jan 2009 jam 06 00 dilaksanakan persembahyangan bersama dan setelah selesai persembahyangan dilakukan lebar upawasa dan mona brata sedangkan jagra masih dilanjutkan sampai jam 18.00 sore harinya.

Para ibu-ibu PWSHD Tempek Rempoa akan menyiapkan makan pagi (bubur) untuk buka upawasa bersama di Pura.

Demikian kegiatan Tempek Rempoa dalam rangka Hari Sawalatri. Mohon berita ini disampaikan ke seluruh warga tempek agar dapat mengikuti acara dimaksud.

Sekretaris Tempek

 

Read more 21/01/2009

PURA WIRA BUWANA, CANDI SUKUH, CANDI CETO DAN PETILASAN KYAYI I GUSTI AGENG PEMACEKAN

(Catatan Tirtayatra, Tempek Rempoa – Tanggerang, 6-8 Desember 2008)

Pada tanggal 6 Desember 2008, sekitar jam 09.15 satu bus Pariwisata full AC penuh penumpang warga Tempek Rempoa meluncur meninggalkan kawasan Perumahan Bintaro – Jaya. Rombongan yang dilepas oleh Seksi Pembinaan Umat, bpk IB Alit Wiratmaja dan dipimpin oleh ketua rombongan bp Mangku Wyn Gede Bawa akan melakukan Tirtayatra ke pura Wiira Buwana – Magelang, Candi Sukuh, Candi Ceto dan Petilasan Kiyayi I Gusti Ageng Pemacekan.

Read more 12/01/2009

Recent

Archive